29 Oct 2014

Toilet di Jepang

Hello beauty, awal tahun ini aku and hubby and my besties travelled to Tokyo. It's a dream came true, bisa jalan-jalan sama orang-orang kesayangan. Sampai ada pepatah "It's not the place that matter, it's the people". 

Ini kali kedua aku visit Tokyo dan aku masih aja terkagum-kagum sama kebersihan fasilitas umum di negeri sakura ini. O God.. toiletnya ga dimana-mana bersiiiihhh.. *ga lebay ini asli

Shibuya Cross (picture from my pocket camera)

Me and my besties at Hachiko Statue
Narcis dulu sebentar di depan patung Hachiko. Hiks.. sempat sedih juga lihat si Hachiko, anjing memang makhluk paling setia yang ada di bumi ini. That's why I love them! :)

Shibuya Cross (foto ambil di net)
Stasiun Shibuya itu the busiest station in Japan. O GOD. Mau jalan aja susahnya minta ampun..rame banget lho manusianya, untuk ukuran manusia seramai itu toilet umum segini lumayan bersihlah. Nothing fancy just clean enough. Coba aja bandingkan sama toilet umum di Stasiun di Jakarta. *ngebayangin aja males banget deh (x_x)

Toilet di St. Shibuya

Nah kalau yang dibawah ini toilet di salah satu Seven Eleven di Prefecture Mishima, kota kecil tempat Hubby kuliah dulu. Aku sampe terheran-heran sama kebersihannya. Pas di dalam toilet, langsung dong kebayang toilet Seven Eleven di Jakarta. x_x!


Toilet di Seven Eleven di Kota Mishima

Toilet di Seven Eleven di Kota Mishima

Kebersihan fasum yang hampir merata di seluruh penjuru Tokyo ini tentu bukan pekerjaan satu dua tahun saja. Setau aku (salah satu info dari Blog catatan si uchie ) kebiasaan menjaga kebersihan dan ketertiban di lingkungan sekitar itu memang telah ditanamkan sejak usia dini. Kurikulum pendidikan dasar di Japan lebih menekankan pada bagaimana cara bersikap dalam kehidupan sehari-hari. Jadi tidak heran melihat betapa bersihnya negara ini, hampir semua masyarakatnya sudah terbiasa hidup bersih dan teratur. *salut untuk negeri sakura :)

Ayo dong Indonesiaku, tanamkan kebiasaan hidup bersih dan teratur sejak dini. Hmmm.. Bapak Menteri Pendidikan sebaiknya menerapkan kurikulum Jepang yang satu ini di Indonesia. Hasilnya akan menciptakan generasi muda yang sadar kebersihan dan ketertiban.. Ayo Indonesia!! Ganbatte! :)


No comments:

Post a Comment